Saturday, August 17, 2019

Ziarah dan Refleksi Peringatan Hari Kemerdekaan



Perayaan HUT kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia bukan hanya sebatas perayaan serimonial, tetapi lebih dari itu momentum HUT Indonesia ke-74 adalah momentum historis berdirinya Indonesia sebagai sebuah negara yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dalam refleksi HUT Indonesia yang ke-74 Gerekan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Yogyakarta melakukan ziarah ke makam Jendral Soedirman di Jl.Kusumanegara Kota Yogyakarta. Ketua Cabang GMKI Yogyakarta Yohanes Masudede, S.H.,M.H., mengajak seluruh komponen masyarakat untuk kembali merefleksikan cikal bakal perjuangan para Founding Father dalam merebut dan mempertahankan NKRI.

Yohanes juga meyampaikan bahwa perjuangan meraih kemerdekaan bukan hal yang mudah, para pahlawan rela mewakafkan jiwa dan raganya untuk merebut dan mempertahankan Indonesia sebagai sebuah negara dari tangan penjajah saat itu.

Nilai-nilai perjuangan yang diwariskan oleh para pahlawan harus tetap dipertahankan dan dilaksanakan oleh generasi muda saat ini, karena perjuangan generasi muda hari ini bukan lagi pertarungan fisik untuk merebut Indonesia dari tangan penjajah tetapi perjuangan generasi muda hari ini adalah pada tataran dialektika, ide dan gagasan.

Oleh sebab itu, dalam refleksi HUT Indonesia ke-74 ini, generasi muda dituntut harus mampu mengkristalisasi nilai-nilai perjuangan dalam bentuk ide, gagasan dan tindakan demi Indonesia yang dicita-citakan.


 Indonesia Menang

 Indonesia Maju

 Indonesia Jaya

 Merdeka ✊

0 comments:

Post a Comment