Saturday, March 16, 2019

Masa Perkenalan dan Penerimaan Anggota Baru GMKI Cabang Yogyakarta 9 Maret 2019


Masa Perkenalan dan Penerimaan Anggota Baru GMKI Cabang Yogyakarta 9 Maret 2019

Oleh:
Urlik Hufum August
(Sekretaris Fungsional Aksi dan Pelayanan BPC GMKI Yogyakarta Masa Bakti 2018-2020)


Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Yogyakarta mengadakan penerimaan anggota baru yang disebut dengan nama Masa Perkenalan dan Penerimaan (MAPPER) hal ini diutarakan Fredik Fatem (Ketua Panitia) saat sambutannya di Wisma Immanuel, Yogyakarta.
Fredik kembali menjelaskan bahwa Mapper di adakan di Wisma Immanuel Yogyakarta. Ada sebanyak 85 orang mendaftar kegiatan, selama kegiatan ada beberapa materi yang di siapkan oleh panitia.
Materi pertama membahas tentang Sejarah dan Visi-Misi GMKI yang dibawakan oleh Christian Apri Wijaya, (Ketua Cabang GMKI Yogyakarta Masa Bakti 2014-2016) di Wisma Immanuel Yogyakarta. Materi kedua membahas tentang Tema Sub Tema GMKI yang dibawakan Senior GMKI Yogyakarta yang dipimpin oleh Pdt. Mathelda Jeanne Tadu, S.Si (teol), (Pendeta Mahasiswa). Materi yang ketiga membahas tentang PA Ut Omnes Unum Sint, yang dibawakan oleh Mike Makahenggang, MAPS (Ketua Bidang Pendidikan Kader dan Kerohanian). Materi yang keempat membahas tentang AD/ART dan Visi Misi GMKI oleh Ketua Cabang GMKI Yohanes Masudede, S.H. Dan materi yang kelima membahas tentang Atribut Organisasi, Pengenalan Struktur BPC dan Program Cabang oleh Sekretaris Cabang Daniel Willy Yokom, S.E., M.Ec.Dev. Selanjutnya membahas tentang Tri Panji dan Panca Kegiatan GMKI yang dibawakan oleh Malfreth Lobo (Pengurus Pusat  GMKI Korwil IV). Malfreth menjelaskan bagaimana GMKI dapat berdiri secara histori, dan beliau yang telah lama mengecap pendidikan di GMKI tidak lupa memaparkan pengalamannya yang dimulai dari tingkatan komisariat, cabang, hingga menjadi pengurus pusat GMKI.
Selanjutnya Badan Pengurus Cabang (BPC) GMKI Yogyakarta melalui Ketua Bidang Organisasi (Leoderik Papuara) menjelaskan tentang Anggaran Dasar GMKI, Anggaran Rumah Tangga GMKI, Peraturan Organisasi GMKI, serta Statuta Cabang GMKI Yogyakarta. Serta para BPC juga menjelaskan atribut-atribut yang digunakan oleh kader GMKI. Sebagai Pedoman yang menjadi arah gerak GMKI bagi kader-kader baru yang sudah dilantik serta mampu memahami nilai-nilai Organisasi.
Yohanes Masudede, S.H. yang membawakan materi AD/ART dan Visi Misi GMKI Kegiatan menjelaskan secara terurai bagaimana kader-kader GMKI hidup dalam 5 panca kegiatannya yaitu, Beribadah, Belajar, Bersaksi, Bersosial, dan Berkreasi. Beliau juga menjelaskan tentang Tri Panji GMKI yaitu Tinggi Iman, Tinggi Ilmu, Tinggi Pengabdian. Serta diakhir, menjelaskan tentang Motto GMKI yaitu Ut Omnes Unum Sint yang kemudian makna dari Motto tersebut diperjelas oleh Leoderik Papuara (Ketua Bidang Organisasi)
Selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias mengikutinya, dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta seputar GMKI, mulai dari pelayanan-pelayanan sosial, dan kegiatan-kegiatan pelatihan yang diadakan di GMKI Yogyakarta, tutup Fredik Fatem.
Di tempat yang berbeda, Daniel Willy Yokom menuturkan 42 orang Anggota GMKI Yogyakarta yang baru saja dilahirkan melalui kegiatan Mapper GMKI Yogyakarta harapannya adalah kader-kader yang siap untuk dilatih dan dibina menjadi kader-kader yang militan, serta memiliki profil kader yang berintegritas, profesionalitas, dan spritulitas.
Dengan adanya Masa Perkenalan ini, diharapkan GMKI Cabang Yogyakarta dapat menjadi wadah bagi Anggota untuk dapat berproses dalam kehidupan organisasi terutama menghadirkan shalom Allah dalam medan layan GMKI yaitu Gereja, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat.
Ut Omnes Unum Sint

0 comments:

Post a Comment